TUGAS
MANAGEMEN SIARAN RADIO
(a
kom)
RADIO
PERSADA 92,4 FM
Deri
Kalianda (1301120806)
Herdianto (1301110792)
Agung
(1301111630)
Boby
Trisna
(1301156693)
Maskhur Suryamu Suci
(1201135111)
M.
Fadhil (1301156595)
M. Haikal (1301120463)
Riko
Muriono
(1301110162)
Wahyu
Fajar
(1301157028)
Yudi
Riski
(1301156969)
JURUSAN
ILMU KOMUNIKASI
FAKULTAS
ILMU SOSIAL DAN POLITIK
UNIVERSITAS
RIAU
PEKANBARU
2015
KATA
PENGANTAR
Bismillahhirrohmanirrohim
Dengan
memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, atas rahmat dan karunia-Nya
serta taufik dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikantugas
penelitian manajmemen radio Persada PekanBaru 92,4 fm.
Penulis
menyadari pembuatan Tugas ini masih jauh dari sempurna karna keterbatasan
kemampuan penulis. Dengan segala kerendahan hati penulis menerima kritikan dan
saran untuk lebih baik dimasa yang akan datang.
terima
kasih kepada dosen yang telah membimbing. semua kebaikan dan pengorbanan yang
telah diberikan kepada penulis, semoga mendapat balasan kebaikan yang setimpal
dari Allah SWT. Amin.Semoga tugas ini
bermanfaat bagi penulis dan pembaca sekalian.
PekanBaru,
7 mei 2015
Penulis
DAFTAR
ISI
Kata Pengantar i
Daftar Isi ii
BAB I
Pendahuluan iii
Latar Belakang iii
Tujuan iii
BAB II
Pembahasan 1
BAB III
Kesimpulan dan Saran 6
BAB
I
PENDAHULUAN
Latar
Belakang
Dalam
perkembangan zaman pada saat ini, perkembangan teknologi komunikasipun menjadi
hebat.Terbukti dengan adanya media-media yang sudah canggih dan telah banyak
jenisnya.Telpon selular yang lebih kerap dipanggil smartphone.Televisi yang
gambarnya seolah 3 dimensi serta radio yang telah menggunakan internet atau
disebut streaming.
Radio adalah salah satu media yang
masih bertahan sampai saat ini.Meski hanya mendengarkan atau audio, radio
memiliki sensasi tersendiri bagi pendengarnya. Selain itu radio juga praktis,
sambil mendengarkan radio kita bisa melakukan pekerjaan lain. Apalagi sekarang,
masyarakat mendengarkan radio menggunakan smartphone yang bisa dibawa
kemana-mana.Kita tinggal memilih apakah mau streaming atau menggunakan
frekuensi radio terdekat.
Dalam penyiaran radio, terdiri atas
beberapa orang yang mengendalikannya. Manajemen yang dilaksanakan dalam sebuah
radio itu seperti apa dan bangaimana. Manajemen yang baik selalu berimbas pada
hasil yang baik pula.
Tujuan
Ø mengetahui
bahwa manajemen dalam penyiaran radio Persada Pekanbaru.
A.
Sejarah dan
Perkembangan Radio Persada
Pekanbaru 92,4 FM
Radio
persada adalah salah satu radio yang ada dipekanbaru yang beralamatkan di jalan
diponegoro no 42. PERSADA RADIO
Secara resmi mengudara 25 Juni 2003. Pada
saat awal kemunculan, pendengar masih kurang banyak dan jangkauan masih kecil. Namun
dalam perkembangannya, radio persada mulai eksis di kalangan remaja. Radio
persada saat ini juga sudah bisa didengarkan melalui smartphone ataupun
streaming. Hal
ini membuat meningkatnya pendengar dari radio persada itu sendiri.
Radio persada berada dibawah naungan PT. RADIO DIPO PERSADA. Dan digerakkan oleh sumber daya manusia yang kreatif, dinamis dan
berwawasan luas, sebagai radio dengan sasaran para pelajar dan mahasiswa,
penggerak radio persada dituntut untuk tetap kreatif dan tetap mengikuti
perkembangan. Maka dari itu para VJ atau penyiar dari radio persada didominasi oleh
anak-anak muda. Alhasil, terbukti dengan adanya pembuktian eksisnya radio persada sampai saat
ini, meskipun persaingan antar radio semakin sengit. Persada Radio tumbuh
seiring pesatnya perkembangan dunia media informasi. Persada Radio berusaha
untuk dapat mewadahi segala bentuk kreatifitas remaja di kota Pekanbaru dan
daerah-daerah sekitarnya. Dinamisasi dunia remaja yang penuh dengan berbagai
aktivitas sangat membutuhkan media yang tepat untuk itu. Sejak awal
berdiri, radio persada tetap memegang teguh tujuannya, yaitu untuk mewadahi
kreatifitas para remaja Pekanbaru serta daerah lain sekitar Pekanbaru.
Dalam perkembangannya, diikuti dengan
kemajuan teknologi, radio persada juga bisa didengarkan secara streaming di
alamat www.persadaradio.com. Hal ini dikarenakan agar lebih mempermudah dalam penyiaran.Disamping
itu semakin banyaknya para pelajar dan mahasiswa menggunakan internet sebagai
media favorit.
Melalui slogan Trendsetter
and Hitmaker Station, persada radio menghadirkan varian program untuk
tampil sebagai trendsetter bagi kalangan remaja Pekanbaru. Hal ini sangat
jelas bahwa persada radio bertujuan untuk menjadi radio yang ngetrend di
kalangan anak muda. Persada Radio juga senantiasa bekerja cerdas dalam
menawarkan sesuatu yang lebih dibutuhkan para remaja di kota Pekanbaru dan
sekitarnya. Untuk penyiarannya sendiri,Persada Radio mengudara 18 jam
setiap hari, dengan keyakinan dan totalitas, radio persada siap
menjadi mitra bisnis dan media promosi yang efektif dengan target market
utama pelajar dan mahasiswa.
B. Visi Misi
Visi è Radio
persada memiliki Visi Menjadikan Persada Radio Sebagai radio anak muda.
Misi è Untuk
mewujudkan visi dari persada radio. Misi yang radio tetapkan adalah Menyebarluaskan informasi dengan konsep
entertainment yang kreatif dan inovatif. Dari misi tersebut, radio persada
sudah jelas agar bisa menyebarluaskan informasi dengan cara yang memang
kreatif. Hal ini sejalan dengan sasaran dari radio persada itu sendiri yaitu
anak muda. Dalam mencapai tujuan, persada radio menekankan agar peningkatan
kreatifitas dalam penyiaran. Selain
itu konsistensi dalam mencapai tujuan adalah yang utama.
C.
Program-Program
Dalam Penyiaran
Dalam penyiaran sebuah radio, Program
adalah salah satu yang sangat penting.Hal ini juga sebagai penentu kesuksesan
radio tersebut. Radio dengan program yang menarik akan didengarkan oleh para
pendengar. Pada radio Persada Pekanbaru, juga memiliki beberapa program dengan
keunikan dan kelebihan masing-masing. Jika dibandingkan dengan program radio
lainnya. Adapun sebagian program-program di radio Persada Pekanbaru yaitu :
1. IndoKlasik : program ini adalah program music yang
memutarkan music Indonesia pada tahun 2000-2011. Pemutaran musik di putar
berdasarkan permintaan dari mendengar melalui twitter di @persadaradio. Program
ini siarkan setiap hari pada pukul 12.00-15.00 WIB.
2. HappyHours
: program ini adalah program kirim-kirim salam oleh pendengar dan kepada
pendengar. Pendengar bisa mengirim salam melalui twitter @persadaradio.
Disela-sela kirim-kirim salam juga bisa request lagu. Program ini disiarkan
3. Reqindo
: acara music yang memutarkan music Indonesia terbaru melalui permintaan
pendengar di twitter. Acara ini berlangsung setiap hari dari jam 17.00-20.00
4. Soundlicious991
: program ini yaitu program yang membahas tentang suatu topic atau tema. Dan
pendengar juga bisa menyampaikan pendapatnya lewat twitter. Programnya dari
pukul 20.30-22.30.
D.
Segmentasi, Targetting dan
Positioning
Dalam sebuah usaha, KE 3 unsur ini
merupakan yang sangat penting. Segmentasi adalah proses memilih pasar yang
tepat untuk memasarkan suatu jasa. Sedangkan targeting adalah proses memilih
khalayak yang tepat sesuai dengan data yang diperoleh dari segmentasi. Atau
lebih mudahnya targetting adalah menargetkan siapa saja yang akan
menjadi konsumen. Dan positioning adalah bagaimana caranya memposisikan barang
atau jasa dalam pikiran masyarakat.
Berikut segmentasi, targeting dan positioning radio
Persada Pekanbaru:
1. Segmentasi
: segmentasi radio persada adalah para pendengar radio di pekanbaru serta
kota-kota sekitar diwilayah pekanbaru.
2. Targetting
: Targetting dari radio Persada Pekanbaru adalah para remaja atau anak
muda.(Pelajar dan mahasiswa)
3. Positioning
: Positioning dari radio Persada Pekanbaru adalah dengan memberikan TAqline
‘’Radio Persada lagunya keren banget’’ di setiap transisi iklan ataupun music.
E.
Manajemen
Dalam Penyiaran
Dalam manajemen siaran, kesesuai
apa yang direncanakan dengan apa yang dilaksanakan akan mendapatkan hasil
ayngmaksimal serta akan meminimalisir kesalahan yang akan terjadi.Apalagi dalam
penyiaran radio yang bersifat langsung, meski tanpa visual.Manajemen audio pun
harus tepat agar pendengar tidak terganggu dengan kesalahan-kesalahan.
Pada radio Persada Pekanbaru dengan
Frekuensi 92,4 Fm, memiliki manajemen yang bagus. Dengan memikirkan kenyamanan
pendengar. Tayang selama 18 jam sehari, dengan berbagi program-program yang
menghibur serta informatif.Sebagai radio dengan sasaran anak muda.Radio persada
juga disebut radio music, ini sudah menjadi komitmen persada radio dari awal.karna
memutarkan music lebih banyak dibandingkan talk(berbicara). Manajemennya yaitu
hampir sama setiap acara. Contohnya pada salah satu program yaitu INDOKLASIK,
yang mana pendengar boleh request lagu by twitter @persadaradio dengan hashtag
indoklasik. Maka jika terpilih, lagu yang di minya akan diputarkan. Setelah
pemutaran lagu 2 buah maka aka nada iklan maksimal 2 buah juga, dan setiap
transisi dari iklan kelagu ataupun dari lagu ke iklan selalu ada taqline
‘’radiopersada lagunya keren banget’’
Satu program dipegang oleh satu
orang penyiar, dimana bertugas sebagai penyiar, pemutar music serta penyeleksi
tweet yang masuk sebagai request.Bentuk manajemen lainnya yaitu, setiap akhir
acara selalu disertakan dengan teka-teki lucu atau cerita lucu.
F.
Kendala-kendala Dalam Penyiaran
Dalam sebuah penyiaran, meski
telah direncanakan sebaik mungkin tetap
saja aka ada masalah-masalah ataupun kondisi yang membuat penyiaran tidak
berjalan sesuai rencana.Pada radio persada Pekanbaru, juga ada permasalahan
dalam penyiaran, adapun masalah-masalah yang di hadapi adalah rusaknya
peralatan yang secara tiba-tiba.Misalnya mikrofon yang tidak
berfungsi.Sebenarnya banyak permasalahan dalam penyiaran, tetapi pada radio
Persada pekanbaru tidak terlalu sering mengalami masalah-masalah yang
menghambat penyiaran.Hal ini mungkin dikarenakan karna pengecekan alat-alat
penyiaran secara terus menerus dan para penyiar yang professional serta ahli di
bidangnya.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Radio adalah
salah satu media komunikasi yang berfungsi sebagai hiburan dan sumber informasi. Radio persada merupakan salah satunya. Radio persada adalah
radio yang menargetkan sasaran anak muda.Hal ini menuntut pihak radio persada
untuk lebih kreatif dan inovatif lagi. Pada umumnya anak muda suka cepat bosan. Radio persada memiliki
program yang lebih mengedepankan music dibandingkan berbicara.Hal ini memang
sudah menjadi komitmen awal dari berdirinya radio persada tersebut. Dengan
slogan trend setter and hitmaker station serta taqline persada radio lagunya
keren banget, Terbukti sampai saat ini radio persada masih eksis.
Saran
Agar tetap menjaga
komitmennya dan menjaga dan meningkatkan kreatifitas yang lebih inovatif.Juga
tetap putar lagu Indonesia agar lagu Indonesia lebih disukai dibandingkan lagu
barat.
Sumber
Informasi
Crew
Radio Persada Pekanbaru, Jln. Diponegoro No.42 PekanBaru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar