Senin, 16 November 2015

tugas manajemen siaran radio persada 92,4 fm



TUGAS MANAGEMEN SIARAN RADIO
(a kom)
RADIO PERSADA 92,4 FM 




Deri Kalianda                            (1301120806)
Herdianto                                   (1301110792)
Agung                                         (1301111630)
Boby Trisna                               (1301156693)
Maskhur Suryamu Suci           (1201135111)
M. Fadhil                                   (1301156595)
M. Haikal                                   (1301120463)
Riko Muriono                            (1301110162)
Wahyu Fajar                             (1301157028)
Yudi Riski                                   (1301156969)


JURUSAN ILMU KOMUNIKASI
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK
UNIVERSITAS RIAU
PEKANBARU
2015

KATA PENGANTAR


Bismillahhirrohmanirrohim
Dengan memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, atas rahmat dan karunia-Nya serta taufik dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikantugas penelitian manajmemen radio Persada PekanBaru 92,4 fm.
Penulis menyadari pembuatan Tugas ini masih jauh dari sempurna karna keterbatasan kemampuan penulis. Dengan segala kerendahan hati penulis menerima kritikan dan saran untuk lebih baik dimasa yang akan datang.
terima kasih kepada dosen yang telah membimbing. semua kebaikan dan pengorbanan yang telah diberikan kepada penulis, semoga mendapat balasan kebaikan yang setimpal dari Allah SWT. Amin.Semoga  tugas ini bermanfaat bagi penulis dan pembaca sekalian.



PekanBaru, 7 mei 2015

                 Penulis




DAFTAR ISI

Kata Pengantar                                                                                             i
Daftar Isi                                                                                                        ii
BAB I
Pendahuluan                                                                                                  iii
Latar Belakang                                                                                              iii
Tujuan                                                                                                            iii
BAB II
Pembahasan                                                                                                   1
BAB III
Kesimpulan dan Saran                                                                                 6
Sumber Informasi                                                                                         7












BAB I
PENDAHULUAN

Latar Belakang
            Dalam perkembangan zaman pada saat ini, perkembangan teknologi komunikasipun menjadi hebat.Terbukti dengan adanya media-media yang sudah canggih dan telah banyak jenisnya.Telpon selular yang lebih kerap dipanggil smartphone.Televisi yang gambarnya seolah 3 dimensi serta radio yang telah menggunakan internet atau disebut streaming.
            Radio adalah salah satu media yang masih bertahan sampai saat ini.Meski hanya mendengarkan atau audio, radio memiliki sensasi tersendiri bagi pendengarnya. Selain itu radio juga praktis, sambil mendengarkan radio kita bisa melakukan pekerjaan lain. Apalagi sekarang, masyarakat mendengarkan radio menggunakan smartphone yang bisa dibawa kemana-mana.Kita tinggal memilih apakah mau streaming atau menggunakan frekuensi radio terdekat.
            Dalam penyiaran radio, terdiri atas beberapa orang yang mengendalikannya. Manajemen yang dilaksanakan dalam sebuah radio itu seperti apa dan bangaimana. Manajemen yang baik selalu berimbas pada hasil yang baik pula.

Tujuan
Ø  mengetahui bahwa manajemen dalam penyiaran radio Persada Pekanbaru.





A.       Sejarah dan Perkembangan Radio Persada Pekanbaru 92,4 FM
Radio persada adalah salah satu radio yang ada dipekanbaru yang beralamatkan di jalan diponegoro no 42. PERSADA RADIO Secara resmi mengudara 25 Juni 2003. Pada saat awal kemunculan, pendengar masih kurang banyak dan jangkauan masih kecil. Namun dalam perkembangannya, radio persada mulai eksis di kalangan remaja. Radio persada saat ini juga sudah bisa didengarkan melalui smartphone ataupun streaming. Hal ini membuat meningkatnya pendengar dari radio persada itu sendiri.
Radio persada berada dibawah naungan PT. RADIO DIPO PERSADA. Dan digerakkan oleh sumber daya manusia yang kreatif, dinamis dan berwawasan luas, sebagai radio dengan sasaran para pelajar dan mahasiswa, penggerak radio persada dituntut untuk tetap kreatif dan tetap mengikuti perkembangan. Maka dari itu para VJ atau penyiar dari radio persada didominasi oleh anak-anak muda. Alhasil, terbukti dengan adanya pembuktian eksisnya radio persada sampai saat ini, meskipun persaingan antar radio semakin sengit. Persada Radio tumbuh seiring pesatnya perkembangan dunia media informasi. Persada Radio berusaha untuk dapat mewadahi segala bentuk kreatifitas remaja di kota Pekanbaru dan daerah-daerah sekitarnya. Dinamisasi dunia remaja yang penuh dengan berbagai aktivitas sangat membutuhkan media yang tepat untuk itu. Sejak awal berdiri, radio persada tetap memegang teguh tujuannya, yaitu untuk mewadahi kreatifitas para remaja Pekanbaru serta daerah lain sekitar Pekanbaru.
Dalam perkembangannya, diikuti dengan kemajuan teknologi, radio persada juga bisa didengarkan secara streaming di alamat www.persadaradio.com. Hal ini dikarenakan agar lebih mempermudah dalam penyiaran.Disamping itu semakin banyaknya para pelajar dan mahasiswa menggunakan internet sebagai media favorit.
Melalui slogan Trendsetter and Hitmaker Station, persada radio menghadirkan varian program untuk tampil sebagai trendsetter bagi kalangan remaja Pekanbaru. Hal ini sangat jelas bahwa persada radio bertujuan untuk menjadi radio yang ngetrend di kalangan anak muda. Persada Radio juga senantiasa bekerja cerdas dalam menawarkan sesuatu yang lebih dibutuhkan para remaja di kota Pekanbaru dan sekitarnya. Untuk penyiarannya sendiri,Persada Radio  mengudara 18 jam setiap hari, dengan keyakinan dan totalitas, radio persada siap menjadi mitra bisnis dan media promosi yang efektif dengan target market utama  pelajar dan mahasiswa.

B.  Visi Misi
Visi   è   Radio persada memiliki Visi Menjadikan Persada Radio Sebagai radio anak muda.
Misi  è   Untuk mewujudkan visi dari persada radio. Misi yang radio tetapkan adalah Menyebarluaskan informasi dengan konsep entertainment yang kreatif dan inovatif. Dari misi tersebut, radio persada sudah jelas agar bisa menyebarluaskan informasi dengan cara yang memang kreatif. Hal ini sejalan dengan sasaran dari radio persada itu sendiri yaitu anak muda. Dalam mencapai tujuan, persada radio menekankan agar peningkatan kreatifitas dalam penyiaran. Selain itu konsistensi dalam mencapai tujuan adalah yang utama.

C.    Program-Program Dalam Penyiaran
          Dalam penyiaran sebuah radio, Program adalah salah satu yang sangat penting.Hal ini juga sebagai penentu kesuksesan radio tersebut. Radio dengan program yang menarik akan didengarkan oleh para pendengar. Pada radio Persada Pekanbaru, juga memiliki beberapa program dengan keunikan dan kelebihan masing-masing. Jika dibandingkan dengan program radio lainnya. Adapun sebagian program-program di radio Persada Pekanbaru yaitu :
1.      IndoKlasik  : program ini adalah program music yang memutarkan music Indonesia pada tahun 2000-2011. Pemutaran musik di putar berdasarkan permintaan dari mendengar melalui twitter di @persadaradio. Program ini siarkan setiap hari pada pukul 12.00-15.00 WIB.
2.      HappyHours : program ini adalah program kirim-kirim salam oleh pendengar dan kepada pendengar. Pendengar bisa mengirim salam melalui twitter @persadaradio. Disela-sela kirim-kirim salam juga bisa request lagu. Program ini disiarkan
3.      Reqindo : acara music yang memutarkan music Indonesia terbaru melalui permintaan pendengar di twitter. Acara ini berlangsung setiap hari dari jam 17.00-20.00
4.      Soundlicious991 : program ini yaitu program yang membahas tentang suatu topic atau tema. Dan pendengar juga bisa menyampaikan pendapatnya lewat twitter. Programnya dari pukul 20.30-22.30.

D.    Segmentasi, Targetting dan Positioning
Dalam sebuah usaha, KE 3 unsur ini merupakan yang sangat penting. Segmentasi adalah proses memilih pasar yang tepat untuk memasarkan suatu jasa. Sedangkan targeting adalah proses memilih khalayak yang tepat sesuai dengan data yang diperoleh dari segmentasi. Atau lebih mudahnya targetting adalah menargetkan siapa saja yang akan menjadi konsumen. Dan positioning adalah bagaimana caranya memposisikan barang atau jasa dalam pikiran masyarakat.
Berikut segmentasi, targeting dan positioning radio Persada Pekanbaru:
1.      Segmentasi : segmentasi radio persada adalah para pendengar radio di pekanbaru serta kota-kota sekitar diwilayah pekanbaru.
2.      Targetting : Targetting dari radio Persada Pekanbaru adalah para remaja atau anak muda.(Pelajar dan mahasiswa)
3.      Positioning : Positioning dari radio Persada Pekanbaru adalah dengan memberikan TAqline ‘’Radio Persada lagunya keren banget’’ di setiap transisi iklan ataupun music.

E.     Manajemen Dalam Penyiaran
Dalam manajemen siaran, kesesuai apa yang direncanakan dengan apa yang dilaksanakan akan mendapatkan hasil ayngmaksimal serta akan meminimalisir kesalahan yang akan terjadi.Apalagi dalam penyiaran radio yang bersifat langsung, meski tanpa visual.Manajemen audio pun harus tepat agar pendengar tidak terganggu dengan kesalahan-kesalahan.
Pada radio Persada Pekanbaru dengan Frekuensi 92,4 Fm, memiliki manajemen yang bagus. Dengan memikirkan kenyamanan pendengar. Tayang selama 18 jam sehari, dengan berbagi program-program yang menghibur serta informatif.Sebagai radio dengan sasaran anak muda.Radio persada juga disebut radio music, ini sudah menjadi komitmen persada radio dari awal.karna memutarkan music lebih banyak dibandingkan talk(berbicara). Manajemennya yaitu hampir sama setiap acara. Contohnya pada salah satu program yaitu INDOKLASIK, yang mana pendengar boleh request lagu by twitter @persadaradio dengan hashtag indoklasik. Maka jika terpilih, lagu yang di minya akan diputarkan. Setelah pemutaran lagu 2 buah maka aka nada iklan maksimal 2 buah juga, dan setiap transisi dari iklan kelagu ataupun dari lagu ke iklan selalu ada taqline ‘’radiopersada lagunya keren banget’’
Satu program dipegang oleh satu orang penyiar, dimana bertugas sebagai penyiar, pemutar music serta penyeleksi tweet yang masuk sebagai request.Bentuk manajemen lainnya yaitu, setiap akhir acara selalu disertakan dengan teka-teki lucu atau cerita lucu.

F.     Kendala-kendala Dalam Penyiaran
Dalam sebuah penyiaran, meski telah  direncanakan sebaik mungkin tetap saja aka ada masalah-masalah ataupun kondisi yang membuat penyiaran tidak berjalan sesuai rencana.Pada radio persada Pekanbaru, juga ada permasalahan dalam penyiaran, adapun masalah-masalah yang di hadapi adalah rusaknya peralatan yang secara tiba-tiba.Misalnya mikrofon yang tidak berfungsi.Sebenarnya banyak permasalahan dalam penyiaran, tetapi pada radio Persada pekanbaru tidak terlalu sering mengalami masalah-masalah yang menghambat penyiaran.Hal ini mungkin dikarenakan karna pengecekan alat-alat penyiaran secara terus menerus dan para penyiar yang professional serta ahli di bidangnya.
















BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
   Radio adalah salah satu media komunikasi yang berfungsi sebagai hiburan dan sumber informasi. Radio persada merupakan salah satunya. Radio persada adalah radio yang menargetkan sasaran anak muda.Hal ini menuntut pihak radio persada untuk lebih kreatif dan inovatif lagi. Pada umumnya anak muda suka cepat bosan. Radio persada memiliki program yang lebih mengedepankan music dibandingkan berbicara.Hal ini memang sudah menjadi komitmen awal dari berdirinya radio persada tersebut. Dengan slogan trend setter and hitmaker station serta taqline persada radio lagunya keren banget, Terbukti sampai saat ini radio persada masih eksis.

Saran
                         Agar tetap menjaga komitmennya dan menjaga dan meningkatkan kreatifitas yang lebih inovatif.Juga tetap putar lagu Indonesia agar lagu Indonesia lebih disukai dibandingkan lagu barat.












Sumber Informasi

Crew Radio Persada Pekanbaru, Jln. Diponegoro No.42 PekanBaru.
























Tidak ada komentar:

Posting Komentar